Agustus menjadi bulan perayaan di seluruh penjuru tanah air. Bahkan, warga negara Indonesia yang sedang berada di luar negeripun tidak ketinggalan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan berbagai bentuk kegiatan. Di Indonesia sendiri, moment 17-an identik dengan berbagai macam lomba seperti lari karung, makan kerupuk, mengambil koin, memindah tepung, dan lain sebagainya. Saya sendiri mengamini kemeriahan dan kehebohan yang dimiliki bulan Agustus. Terlebih beberapa tahun ini kemeriahaan kemerdekaan terlelap karena adanya pandemi covid 19. Dan tentunya tema semangat tahun ini “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” sangat relevan pada momen kemerdekaan 2022 ini.

Dalam beberapa bulan terakhir, saya memang ditautkan dalam sebuah grup WA dengan teman-teman SD. Sebenarnya saya agak awang-awangen kalau dalam bahasa Jawanya saat melihat teman-teman yang sudah tergabung di grup. Kenanganpun mendadak mundur sekian puluh tahun yang lalu saat kami masih berseragam merah putih. Saat itu, saya masih sering mengikuti kursus menari, belajar kelompok, dan bermain di halaman tetangga komplek. Kenangan itupun semakin sempurna saat ajakan bertemu bersambut. Dengan keterbatasan waktu, agenda dan rapatpun dilakukan melalui grup WA. Singkat cerita, acara Temu Kangen dan Silaturahmi Paguyupan Serayu A82-pun terlaksana. Jujur, saya tidak menyangka masih diberi kesempatan dan kesehatan untuk bisa saling bersapa dengan teman-teman semasa kanak-kanak.

Tepat 2 hari setelah kemerdekaan, kamipun bertemu dengan suka dan cita. Tersenyum dan saling menyemangati masih diberi kesempatan hingga detik ini. Mungkin banyak hal yang terlewat selama 40 tahun kita tidak bertemu, banyak kisah yang tidak cukup diuraikan dalam satu kali pertemuan tetapi saya yakin di kedalaman hati kita tetap saling merengkuh dan mendoakan. Beberapa rekan dan guru yang sudah berpulanpun menjadi penyemangat kita untuk saling mendoakan dan saling berbagi kasih dalam rintangan jarak yang tidak konstan. Semoga di lain kesempatan kita dapat menguraikan kisah selanjutnya.

Cerita yang telah lewat akan menjadi kenangan

Kebersamaan kita akan menjadi cerita di masa depan

Salam dari nama kecil,

Anni