Kuliah saat ini bukan lagi menjadi suatu hal yang “wah”. Berbeda dengan zaman dahulu. Hal ini tentu tidak lepas dari semakin tingginya antusias dan kesadaran di bidang pendidikan.  Berbagai alternatif pembiayaan pendidikan baik dari pemerintah maupun swasta juga sudah sangat banyak wara-wiri di berbagai media. Bahkan tidak hanya di dalam negeri tetapi juga beasiswa kerja sama luar negeri.Hal ini tentu sangat memudahkan untuk mendapatkan fasilitas akses pembiayaan yang terjangkau.

Sebenarnya anak-anak kuliah saat ini lebih kreatif dibandingkan dengan zaman saya dulu. Banyak anak kuliah yang saat ini juga berprofesi jadi penyanyi kafe, youtuber, pebisnis makanan dan pakaian, guide, tutor, dan lain sebagainya. Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut bukan saja menambah uang saku tetapi juga dapat membantu biaya pendidikan secara mandiri. Saya jadi ingat dulu salah satu teman saya  mengatakan: “Kalau kita tahu caranya, kuliah itu bisa gratis bahkan bisa dapat uang lebih”. Seiring berjalannya waktu, kalimat sakti teman saya ini ternyata terbukti kebenarannya.

Apabila diperhatikan secara mendetail, kemajuan anak muda saat ini sangat luar biasa. Banyak anak kuliah yang telah memiliki usaha sesuai dengan passion mereka. Banyak anak-anak muda yang sudah meristis karir dari awal kuliah sehingga seiring proses kuliah mereka memiliki gambaran pekerjaan yang jelas. Saya pernah bertemu dengan seorang mahasiswa yang juga memiliki pekerjaan sebagai MC maupun narasumber seminar kecantikan. Sebenarnya proses awal terjun ke dunia public speaking dimulai dari ketertarikan pada kegiatan kemahasiswaan yang mengharuskannya menjadi seorang moderator. Seiring berjalannya waktu job-job mulai berdatangan. Dari yang mulanya gratisan menjadi plafon yang dapat dinegosiasikan. Tentu saja ini bukan sekedar tentang memperoleh uang. Sama sekali bukan!. Mereka belajar berekspresi, belajar time management, belajar komunikasi dengan oaring lain, belajar menguasai panggung. Dan membutuhkan jam terbang untuk membubuhkan kata profesional. Hanya anak muda yang memiliki mental tahan bantinglah yang mampu bersaing dan melewati fase ini. Tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan. Mungkin kalian salah satunya. Dari sedikit cerita di atas, rasanya saya sepakat bahwa anak-anak muda sekarang memang harus memanfaatkan potensi dengan tidak melewatkan kesempatan untuk berkarya dengan menggali kemampuan untuk menjadi aktif dan produktif.