Daring!!! Belajar Hal Baru

Beberapa minggu terakhir ini, aktivitas Putri Kedaton Group mulai memadat. Banyak hal yang sudah antri untuk dijadwalkan mulai dari aktivitas pelayanan spa hingga pelatihan. Saya ingin sedikit bercerita tentang beberapa pelatihan yang sudah kami laksanakan melalui sistem daring. Awal mula kami mengadakan kegiatan pembelajaran daring hanyalah sekedar iseng memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi siapapun yang ingin belajar tentang spa. Di luar dugaan, respon dari masyarakat yang ingin belajar spa cukup tinggi terutama para pengusaha muda, remaja, dan ibu-ibu. Dari ketidaksengajaan ini akhirnya kegiatan pembelajaran daring dikembangkan dalam program berseri. Setiap sesi materi yang diberikan berbeda dan menekankan 3 poin utama yaitu knowledge, skill, dan attitude. Meskipun beberapa kendala teknis di lapangan muncul karena koneksi tetapi kegiatan daring mampu menjadi salah satu solusi belajar yang menyenangkan. :-) Daannn… dari kegiatan daring tersebut ternyata banyak peserta yang akhirnya tertarik untuk mengikuti pelatihan maupun melakukan perawatan di Putri Kedaton.

Setelah kegiatan webinar tersebut saya mengajak tim untuk melakukan evaluasi. Saya jadi paham bahwa kegiatan webinar membuat semangat mereka untuk berkreasi lebih meningkat. Mereka belajar cara pengambilan video, cara membawakan acara, cara mengedit format, dan lain sebagainya. Dengan kata lain bahwa belajar itu ternyata merupakan rangkaian proses yang berkesinambungan dan harus didasari dengan kemauan. Mungkin bisa saja kita belajar dengan perasaan terpaksa tetapi hasilnya tidak akan seoptimal ketika kita belajar karena memang kita ingin melakukannya. Contoh, ketika kita diminta atasan atau rekan kerja untuk membuat proyek baru dan kita merasa “Ah ngapain sih buat seperti ini?”. Ketika mengerjakan tugas tersebut dengan perasaan yang kurang suka maka hasilnyapun akan biasa saja. Berbeda ketika ada pekerjaan baru dan kita antusias untuk mencoba, ”Wow! Ini menarik! Bagaimana caraku menyelesaikannya?”. Saya yakin bahwa hasil dari contoh yang kedua akan lebih baik daripada yang pertama.

Sahabat beauty, belajar adalah proses yang kadang kita tidak tahu apa maksud dan tujuannya. Tetapi seiring berjalannya waktu, kita diajak untuk memahami bahwa belajar apapun tidak ada ruginya. Entah kapan, ilmu dan kemampuan tersebut pasti akan dibutuhkan pada saatnya.

Mudah-mudahan Sahabat Beauty dimanapun berada senantiasa sehat dan semangat untuk belajar banyak hal baru. Jangan takut! Itu adalah nutrisi bagimu. (12/08)

1684050892

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *