Sedikit Cerita Tentang Bantuan Covid

Selepas subuh, saya membuka facebook. Seorang teman lama yang jarang berkomunikasi tiba-tiba mengomentari status saya. Sebenarnya saya tidak terlalu akrab dengannya. Ketika sapaan halo mengudara, diapun bercerita tentang kondisi terkini di lingkungannya. Situasi sulit, ekonomi sedang lemah, dan ditambah dengan pelepasan napi yang semakin meresahkan masyarakat. Tampaknya hal ini menjadi kegelisahan semua warga masyarakat. Di tengah bahaya intaian virus, kita semua juga diuji dengan bahaya keamanan. Pemberitaan di berbagai media tentang kehilangan, tertangkapnya beberapa napi yang kembali berulah, dan sebagainya.

 

Sahabat beauty, saat ini tidak mudah bagi kita dalam menghadapi pandemi ini. Meskipun harga-harga bahan kebutuhan tidak naik secara signifikan kecuali masker dan hand sanitizer tampaknya tetap sulit bagi sebagian masyarakat untuk mencukupi kebutuhan. Pekerja seperti buruh harian lepas, pedagang, dan pekerja terutama di bidang jasa sangat terdampak dengan adanya serangan covi-19. Ketidakstabilan dalam pendapatan dan terbatasnya akses kerja menjadi poin utama sehingga roda ekonomi tidak dapat berputar seperti biasanya.

 

Di sisi lain, bantuan dari pemerintah, swasta, maupun personal memang sudah ada. Hanya saja belum bisa menyentuh lapisan tertentu terutama di daerah pedesaan. Banyak warga masyarakat yang sangat membutuhkan tetapi tidak memiliki akses untuk mendapat bantuan. Di satu sisi, orang-orang yang notabene masih mampu untuk bekerja malah mendapat bantuan. Hal inipun menimbulkan dilema tersendiri. Belum lagi dalam hal pendistribusian bantuan, terdapat beberapa media yang menyampaikan tidak tepat sasaran. Untuk bantuan dari pemerintah, hal ini langsung disikapi dengan penyampaian bantuan melalui polri langsung ke alamat masing-masing. Langkah yang diambil polri tentu sangat luar biasa sehingga masyarakat dapat memperoleh manfaat tanpa harus bepergian.

 

Semoga kita senantiasa kuat dalam situasi apapun.

Saling bergandeng tangan dan saling mendukung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *