Covid-19 dan Kita (Part 2)

Saat menghadapi kondisi yang tidak menentu seperti saat ini banyak kegiatan usaha mengalami penurunan omset. Bahkan, tidak jarang beberapa gerai harus membatasi jam operasional atau bahkan menutup kegiatan usahanya. Bagi para pengusaha hal ini tentu merupakan tantangan yang cukup berat karena untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan, produksi harus tetap berjalan sementara pasar kurang mendukung. Dalam beberapa industri makanan, para pengusaha berinovasi dengan berbagai layanan seperti take a way, delivery order, dan lain sebagainya. Hanya saja hal ini tentu masih dirasa cukup berat sehingga di beberapa media banyak bermunculan berita pengurangan karyawan maupun karyawan yang dirumahkan.

Di sisi lain, masyarakat juga tidak tinggal diam. Berbagai tempat telah menyediakan layanan belanja sayur secara daring, penyediaan kebutuhan pokok harga normal, dan bantuan sembako. Hanya saja dalam kondisi seperti ini tampaknya belum mampu melunasi harapan masyarakat.

Dalam hal ini tentu kita memang tidak dapat bergantung dengan bantuan dari luar. Alangkah baiknya apabila dari setiap keluarga mulai berinovasi melalui hal-hal kecil seperti mulai menghidupkan budaya menanam sayur di rumah. Hal ini dapat dimulai dengan tanaman yang cepat panen dan dapat ditanam di lahan terbatas seperti cabe, seledri, kangkung, daun bawang, dan lain sebagainya. Selain memberikan manfaat dapat memberikan manfaat sebagai olahan makanan juga dapat memberikan kegiatan yang positif bagi keluarga yang sedang work from home. Semoga kita tetap kuat untuk tetap semangat dalam kondisi apapun. (Rd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *