Waspada Berita Tentang Corona

Kehadiran virus Corona akhir-akhir ini menggemparkan dunia. Bukan hanya di bidang medis tetapi hampir di segala aspek. Semua pihak saling bahu-membahu untuk melawan virus yang sudah menyebar di berbagai negara. Di Indonesia, virus inipun ikut meresahkan banyak kalangan. Berbagai media ikut berkomentar memberikan dukungan terkait serangan virus yang menewaskan lebih dari 50 orang dan menginfeksi lebih dari 4000 orang. Bahkan, informasi terakhir China sedang membangun rumah sakit khusus Corona.

Dari beberapa penelusuran berita yang ada, diketahui bahwa kegiatan penanggulangan bencana Corona terus dilakukan untuk bertahan dari serangan virus Corona. Publik tanah airpun tidak kalah dihebohkan dengan kasus tersebut sehingga memunculkan banyak spekulasi terkait dengan virus tersebut. Sebagai antisipasi, berbagai penerbangan di dunia sudah memasang thermal detected untuk mencegah penularan bagi penumpang yang datang dari Cina. Himbauan untuk selalu memakai pelindung tubuh dan masker juga diberlakukan secara ketat. Di Indonesia terdapat beberapa kasus yang disinyalir terserang virus Corona dan terus dalam pengawasan pihak medis.

Di sisi lain, saya juga ingin sedikit menyoroti dengan adanya ilmu cocoklogi yang beredar di masyarakat tentang Corona seperti dalam salah satu jilid iqro. Hal ini lalu dihubungkan bahwa virus Corona muncul pada zaman yang penuh dusta. Tentu hal ini tidak berdasar karena tidak sesuai dengan arti dalam bahasa arab. Semoga hal-hal semacam ini tidak membuat masyarakat semakin terjerumus ke dalam kekurangpengetahuan. Mengapa? Para penyebar hoax menyasar pada masyarakat yang tidak memiliki pemahaman ataupun pembaca sekilas yang tidak menelusuri informasi secara jelas. Pelajari, selidiki, jangan gegabah dengan berbagai informasi saya kira adalah langkah yang tepat agar kita tidak menjadi pribadi yang mudah panik. (Rd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *