Sepatu

Semua orang tua menginginkan yang terbaik bagi anaknya, bagaimanapun keadaannya. Suatu hari saya pernah bertemu dengan guru PAUD dari sebuah kabupaten di Yogyakarta. Beliau bercerita bahwa menjadi seorang guru PAUD itu ceritanya luar biasa. Banyak hal yang seringkali memantik perasaan. Ada satu cerita yang menarik dari salah satu ibu yang selalu menitipkan pesan agar anaknya tidak boleh ditemui oleh siapapun kecuali atas izinnya. Usut punya usut ternyata Sang Ibu bermasalah dengan mantan suami karena mantan suami bermasalah dengan kejiwaannya.

Sering kali, Sang Ayah datang ke sekolah dan meminta untuk bertemu dengan anaknya. Beberapa guru yang ditemui selalu menolak mempertemukan Sang Ayah dengan anaknya karena alasan izin. Suatu saat datanglah Sang Ayah ke sekolah tersebut. Karena sudah hafal, Ibu Guru langsung menemui Sang Bapak dan menyampaikan permohonan maaf seperti biasa. Sayangnya, Sang Ayah tetap tak bergeming dan malah mengeluarkan sebuah alat dari dalam tasnya. Ternyata dia mengeluarkan sebuah meteran kayu. Sambil memegang gerbang Sang Bapak berkata,” Bu, saya hanya ingin mengukur sepatu anak saya. Saya ingin membelikan sepatu baru”. Sontak pernyataan ini membuat suasana sekolah sore itu berubah hening dan haru. Beberapa guru terlihat mengelap dan menyembunyikan mata. Dari kejadian ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sekurang apapun keadaan orang tua, mereka akan berusaha sekuat tenaga memberikan yang terbaik bagi anaknya. Hal inilah yang harus disadari oleh generasi milenial zaman sekarang.

Di berbagai media sering muncul berita-berita kedurhakaan anak terhadap orang tuanya mulai dari tindakan fisik, mencemooh, tidak mengakui, hingga menelantarkan. Sementara orang tua sudah melakukan banyak hal untuk anaknya. Di usia senjapun mereka seharusnya mendapatkan tempat yang layak bukan semakin terpinggirkan karena tergerus pola tingkah laku zaman. Semoga kita selalu diberi kesempatan untuk berbakti dan memberikan yang terbaik bagi orang tua. (Rd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *