Amalan Saat Puasa

Sahabat beauty, tak terasa bulan puasa tahun 1440 H hampir berakhir. Meskipun begitu, tentu puasa bukan penghalang untuk tetap beraktifitas dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai sarana ibadah. Berbagi, mengaji, dzikir, dan tentunya bekerja akan bernilai ibadah di bulan puasa. Sahabat beauty, saya ingin sedikit membagikan beberapa tips berkaitan dengan bulan ramadhan.

1. Make it Easy
Permudah, jangan dipersulit. Banyak hal dalam hidup kita yang sebenarnya sederhana tetapi sikap kita cenderung memperumit dengan berbagai alibi. Sudah saatnya kita mulai berdamai dengan diri sendiri dengan mulai bijak dalam menyederhanakan segala permasalahan. Selesaikan hal-hal yang mudah terlebih dahulu. Untuk beberapa yang sulit boleh dikredit alias dicicil pengerjaannya sehingga tidak menjadi beban yang berlebihan. Simple kan sahabat beauty?

2. Berorientasi pada hal positif
Kecenderungan manusia, terlebih dengan hadirnya media sosial banyak yang mengarah pada hal-hal yang negatif seperti ghibah, menyindir, mengejek, perasaan iri, pamer, dan gemar pada hal yang bersifat keduniawian. Tidak jarang perang ucapan terjadi di media sosial karena perbedaan cara pandang. Tidak kurang juga terdapat beberapa orang yang tersandung UU ITE dan harus berurusan dengan hukum. Media sosial tampaknya memang membuat komunikasi dan silaturahmi lebih lancar tapi hal itu tak ubahnya seperti dua mata pisau yang dapat pula menjerumuskan pada hal-hal yang negatif. Kontrol diri adalah kunci terbaik sahabat beauty karena ketikan jempol kadang lebih menyakitkan daripada jerawat di dahi hehe…

3. Kurangi mengeluh, perbanyak bersyukur
Cuaca yang cukup panas biasanya juga menjadi alasan untuk mengeluh sebagai hari yang berat. Bagi yang tidak terbiasa puasa memang puasa akan terasa panjang dan menjadi tantangan tersendiri. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin untuk mengalahkannya dan menjadikannya sebagai momen yang pas untuk memantaskan diri dengan memperbanyak bersyukur. Bersyukur itu gratis dan mudah kok tetapi banyak yang seringkali lupa melakukannya.

4. Berbagi
Di bulan ramadhan biasanya kita sering kali mengikuti ataupun mengadakan kegiatan buka bersama atau ngetren dengan sebutan buber. Untuk poin ini sahabat beauty bisa mengadakannya dengan anak-anak panti asuhan maupun yatim dhua’fa. Selain berbagi nikmat dengan orang lain kita juga akan merasakan kepuasan tersendiri karena dapat memberikan kebahagiaan kepada orang lain.

Itulah beberapa hal yang mungkin dapat kita lakukan untuk menyempurnakan pahala puasa kita. Semoga puasa kita tahun ini berkah bagi kehidupan kita selanjutnya. Amin. (Rd-29/05)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *